Fairy tail.

From fairest creatures we desire increase, that thereby beauty's rose might never die

Lucy

But as the riper should by time decease, his tender heir might bear his memory

Natsu

Within thine own bud buriest thy content and, tender churl, makest waste in niggarding

Erza Scarlet

Making a famine where abundance lies, thyself thy foe, to thy sweet self too cruel

Happy

Thou that art now the world's fresh ornament and only herald to the gaudy spring

Unknown On Thursday, March 13, 2014

\

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu Vocaloid ? Vocaloid adalah sebuah software yang membuat sebuah lagu dan nyanyian tanpa perlu seorang vokalis (suara asli manusia). Jadi kita hanya perlu memasukkan lirik lagu kita ke dalam software tersebut. Vocaloid merupakan perangkat lunak produksi Yamaha Corporation yang pertama kali dirilis pada 26 Februari 2003.
Komposisi musik dan lirik dimasukkan di layar penyunting sesuai nyanyian dan iringan musik yang diinginkan. Suara nyanyian diambil dari “pustaka suara” yang berisi contoh rekaman suara dari penyanyi sebenarnya. Lirik lagu dinyanyikan dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang.
Tidak sedikit pula lagu lagu yang menggunakan Vocaloid menjadi popular hanpir di seluruh dunia. Sebut saja Ryo ( Supercell/Egoist ) yang lagu lagunya diper prunakan untuk soundtrack anime monogatary dan Guiltu Crowm atau DECO827 yang salah satu lagunya di gunakan sebagai theme song game Nitendo DS Project Mirai. Bukan hanya suaranya saja namun visualisasi dari par karakter juga digunakan dalam video klip lagu lagu tersebut.
Pada Agustus 2012 lalu. Saga da Sony Computer Entertaiment mengadakan “39bFestival Art The End of Summer yang bertempat dipelabuha Yokohama untuk memperingati ulang tahun Hatsume Miku ( Salah satu tokoh karakter Vocaloid) yang jatuh pada tanggal 31 Agustus 2012. Yang istimewa dari event ini adalah adalah ditampilkan proyeksi Hatsume Miku yang ditembakkan ke layar pancuran air setinggai lebih dari 10 meter. Di event ini Miku tampil menyanyikan 4 lagu dan diiringi oleh visualisasi yang mengagumkan.
CARA MENGGUNAKAN VOCALOID
Bagi orang yang sudah terbiasa menggunakan software music, interface software vocaloid tidaklah terlalu memusingkan. Berikut ini adalh penjelasan cara untuk menggunakan Vocaloid.
1. Sebelum mulai membuat vocal, bila mendapat bantuan guide dari instrument lain kalian bisa memasukkannya ke dalam track editor dan harus dalam format Wav. Bagian ini hanay jika diperlukan saja.
2. Langkah selanjutnya adalah menentukan tempo da beat yang tentu saja harus disesuaikan dengan lagunya. Kedua element ini dapat di diatur dengan mengklik kolom TEMPO dan BEAT YANG TERDAPAT PADA MUSIKAL EDITOR DAN MEMASUKKAN ANGKA YANG SESUAI
3. Setelah kalian sudah siap membuat track maka langka selanjutnya pembuatan rangkaian nada vocal dilakukan di salah satu bagian dari VOCALOID yang disebut piano roll. Disini kalian dapat memulai memasukkan nada nada vocal yang diinginkan hanay dengan cara menggambar panjang nada yang diinginkan pada baris baris piano roll menggunakan Deaw Tool yang bisa kalian pilih yang ada di bawah toolbar dibagian atas dari tampilan Vocaloid.
4. Bila sudah membuat nada maka kita mulai dapat memasukkan link yang kita inginkan persuku kata dengan cara double clik pada bar hijau yang kalian gambar tadi dan mengetikkan suku kata yang diinginkan. Hati hai bila kalian memasukkan suku kata yang tidak dikenl oleh Vocaloid maka Vocaloid hanay akan memebunyikan nada tersebut sebagai suku kata “a” saja.
5. Setelah membuat nada dan link maka cek apakah rekaman nada yang kalian buat telah benar dengan cara tekan tombol PLAY
6. Setelah semua selesai, saatnya mempermanis track vocal tadi denga mengatur aksen, legato dan vibra nada pada NOTE EXPRESSION dan VIBRATO yang bisa diakses dengan cara double clic pada gambar bentuk gelombang suara yang erdapat dibagian bawah di tiap bar hijau nada.
7. Untuk mempermanis dan memperhalus track dapat memilih pengaturan yang lebih detai seperti velocity, dynamis, breathiness, clearness, opening, gender factor, dll di kolom bawah kiri dari musical editor.
8. Kalian juga dapat memasukan 2 jenis efek pada track Vocaloid yaitu REVERB dan MIXER dengan menekan tombol F3 pada keyboard
9. Bila seluruh track Vocaloid telah selesai di buat kalian hanya perlu meng export track tersebut menjadi WAV dan dipindahkan ke software lain untuk disatukan dengan instrument music.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments